Manajemen Sebagai Koordinasi
Pengertian Olahraga
Olahraga adalah segala kegiatan yang
sistematis untuk mendorong, membina, serta mengembangkan potensi jasmani,
rohani, dan sosial. (UU RI Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan
Nasional).
Manajemen Sebagai Koordinasi merupakan salah satu fungsi manajemen untuk
melakukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan, perdebatan,
kekosongan kegiatan, dengan jalan menghubungkan, menyatukan dan menyelaraskan
pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerja sama yang terarah dalam usaha
mencapai.
Koordinasi adalah penyatuan,
integrasi, sinkronisasi upaya anggota kelompok sehingga memberikan kesatuan
tindakan dalam mengejar tujuan bersama. Ini adalah kekuatan tersembunyi
yang mengikat semua fungsi lain dari manajemen. Menurut Mooney dan
Reelay, “koordinasi adalah susunan teratur dari upaya
kelompok untuk memberikan kesatuan tindakan dalam mengejar tujuan bersama”.
Menurut Charles Worth, “koordinasi adalah
integrasi dari beberapa bagian ke dalam lubang teratur untuk mencapai tujuan
pengertian”. Manajemen berupaya untuk mencapai koordinasi melalui fungsi dasar
perencanaan, pengorganisasian, staffing, memimpin dan mengendalikan. Itulah
sebabnya, koordinasi bukan merupakan fungsi yang terpisah dari manajemen karena
mencapai keselarasan antara usaha-usaha individu terhadap pencapaian tujuan
kelompok merupakan kunci keberhasilan manajemen. Koordinasi adalah inti dari
manajemen dan implisit dan melekat pada semua fungsi manajemen.
Koordinasi adalah elemen integral atau
bahan dari semua fungsi manajerial sebagaimana dijelaskan di bawah :
- Koordinasi melalui Perencanaan – Perencanaan memfasilitasi koordinasi dengan mengintegrasikan berbagai rencana melalui diskusi bersama, pertukaran ide. Misalnya – koordinasi antara anggaran keuangan dan anggaran pembelian.
- Koordinasi melalui Pengorganisasian – Mooney menganggap koordinasi sebagai esensi pengorganisasian. Bahkan ketika manajer kelompok dan memberikan berbagai kegiatan untuk bawahan, dan ketika ia menciptakan menonjol koordinasi departemen dalam benaknya.
- Koordinasi melalui Staffing – Seorang manajer harus ingat bahwa hak no. personil di berbagai posisi dengan tepat jenis pendidikan dan keterampilan yang diambil yang akan menjamin orang yang tepat pada pekerjaan yang tepat.
- Koordinasi melalui Mengarahkan – Tujuan memberi perintah, instruksi & bimbingan kepada bawahan dilayani hanya ketika ada keselarasan antara atasan dan bawahan.
- Koordinasi melalui Mengontrol – Manajer memastikan bahwa harus ada koordinasi antara kinerja aktual dan kinerja standar untuk mencapai tujuan organisasi.
Dari pembahasan di atas, kita dapat
sangat banyak menegaskan bahwa koordinasi adalah inti sangat banyak manajemen.
Hal ini diperlukan dalam setiap fungsi dan setiap tahap oleh karena itu tidak
bisa dipisahkan.
Koordinasi dalam operasionalnya
mengerjakan unit- unit, orang orang, lalu lintas informasi, dan pengawasan
seefektif mungkin, semuanya harus seimbang dengan tujuan yang telah ditentukan
sebelumnya. Organisasi yang baik memberikan susunan administratif,
aturan-aturan, mekanisme pengkoordinasian yang dibutuhkan untuk memudahkan
menjalankan aktivitas organisasi secara maksimal. Sebagaimana dikemukakan Henry
L. Sisk bahwa manajemen adalah koordinasi dari semua sumber melalui
proses perencanaan, pengorganisasian pimpinan, dan pengawasan agar dapat
mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Sedangkan koordinasi (coordination)
mengandung makna menjaga agar tugas-tugas yang telah dibagi, tidak dikerjakan
menurut kehendak yang mengerjakan saja, tetapi menurut aturan sehingga
menyumbang penyampaian tujuan. Pengkoordinasian menurut The Liang Gie merupakan
rangkaian aktivitas menghubungkan, menyatupadukan dan menyelaraskan orang-orang
dan pekerjaannya sehingga semuanya berlangsung secara tertib dan seirama menuju
kearah tercapainya tujuan tanpa terjadi kekacauan, percekcokan, kekembaran
kerja atau kekosongan kerja. Sedangkan Oteng Sutisnamerumuskan
koordinasi ialah mempersatukan sumbangan sumbangan dari orang-orang, bahan, dan
sumber-sumber lain ke arah tercapainya maksud yang ditetapkan. Purwanto mengemukakan
koordinasi adalah aktivitas membawa orang-orang, materiil, pikiran-pikiran,
teknik-teknik, dan tujuan-tujuan kedalam hubungan yang harmonis dan produktif
dalam mencapai suatu tujuan.
B. Tujuan Koordinasi
Setelah
mengetahui pengertian koordinasi menurut para ahli dan secara umum maupun
khusus maka hal yang perlu diketahui selanjutnya adalah tujuan koordinasi.
Berikut tujuan koordinasi :
- Meraih dan menjaga keefektifitasan organisasi seoptimal mungkin dengan sinkronisasi, kebersamaan, keselarasan dan keseimbangan diantara aktivitas yang saling bergantung/berkaitan.
- Melakukan pencegahan terhadap timbulnya konflik serta menciptakan efisiensi yang optimal pada berbagai aktivitas yang interdependen melalui kesepakatan yang mengakomodir seluruh elemen yang berkaitan.
- Koordinasi berusaha untuk menciptakan dan menjaga agar suasana dan tingkah laku yang ada saling merespon dan mengantisipasi di setiap unit kerja baik yang berkaitan maupun tidak. Hal ini supaya kesuksesan setiap unit tidak mengganggu atau diganggu oleh unit lainnya. Oleh karena itu diperlukan koordinasi dengan jaringan komunikasi dan informasi yang efektif.
C. Manfaat Koordinasi
Terdapat
berbagai manfaat dari koordinasi yang diperoleh berdasarkan tujuan dari
koordinasi yang berhasil dicapai. Sedikitnya ada 10 manfaat koordinasi yang
tercipta apabila keberhasilan koordinasi tercapai. Berikut manfaat-manfaat yang
dihasilkan dari koordinasi yang efektif :
- Mencapai KISS (Koordinasi, Integrasi, Sinkronisasi, dan Simplifikasi) supaya pencapaian tujuan organisasi diraih seefektif dan seefisien mungkin.
- Menjadi problem solver pada setiap masalah dan konflik berbagai pihak.
- Membantu pimpinan dalam mensinergikan dan mengintegrasikan keberjalanan tugas-tugas yang dimiliki dengan pihak yang berkaitan. Saat keterkaitan dengan berbagai unit/divisi semakin besar maka semakin tinggi kebutuhan akan koordinasi.
- Mendukung pimpinan untuk mensinergikan dan mengatur perkembangan antara satu unit dengan unit lainnya.
- Supaya pimpinan dapat mensinkronkan aktivitas fungsional dengan berbagai tujuan setiap unit yang berbeda demi tercapainya tujuan bersama seefektif dan seefisien mungkin dengan keterbatasan sumberdaya yang ada.
- Membagi pekerjaan kepada setiap unit agar tidak terjadi overlaping. Semakin besar skala pekerjaan yang diperoleh maka semakin tinggi kebutuhan akan koordinasi. Hal ini bertujuan supaya tidak ada pekerjaan yang sama yang dilakukan oleh divisi yang berbeda karena akan mengakibatkan pemborosan anggaran.
- Mengembangkan dan Menjaga keharmonisan antar aktivitas yang dilakukan baik fisik maupun non fisik dan juga dengan stakeholders.
- Melakukan pencegahan akan timbulnya konflik internal dan eksternal.
- Mencegah adanya pekerjaan kosong pada unit.
- Menghindari persaingan yang buruk.
1. Faktor – faktor Yang Perlu di Manajemen Sebagai Kordinasi
Untuk Implementasi Manajemen Olahraga
a. Sumber Daya Manusia
Manajemen Sebagai
Koordinasi Dengan SDM
Manajemen SDM
adalah fungsi organisasi yang berkaitan dengan kepemimpinan dan penyelesaian
isu yang terjadi antar personil di organisasi tersebut. Dari sini dapat
dijabarkan bahwa fokus manajemen SDM di antaranya adalah :
- Pemberian kompensasi
- Perekrutan
- Manajemen kinerja
- Pengembangan perusahaan/organisasi
- Keselamatan anggota/personil
- Kesehatan anggota/personil
- Tunjangan anggota/personil
- Motivasi kerja/prestasi
- Komunikasi
- Administrasi dan pelatihan anggota/personil
Fokus
manajemen SDM juga meliputi pengelolaan anggota/personil dan budaya serta nilai
lingkungan kegiatan secara strategik dengan pendekatan yang tepat.
b. Teknologi
Mungkin sekarang
kita sudah tidak asing lagi dengan teknologi. Karena, ia sudah menjadi
kebutuhan bagi manusia. Dulu sebelum adanya teknologi, manusia mengerjakan
sesuatu masih serba manual. Mulai dari mengirim surat, bekerja, dan lain
sebagainya. Dulu manusia harus mengirim surat melalui kantor pos dan surat yang
di kirim pun baru sampai berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan kemudian.
Tetapi semenjak teknologi telah
diciptakan, semua pekerjaan manusia jadi lebih mudah. Sekarang untuk mengirim
informasi hanya memerlukan waktu beberapa menit bahkan beberapa detik saja.
Tidak hanya itu, pekerjaan manusia pun sudah banyak dikerjakan oleh mesin dan
manusia hanya bertugas untuk mengoperasikan mesin tersebut.
Definisi atau pengertian teknologi
secara umum ialah ilmu yang berhubungan dengan alat atau mesin yang diciptakan
untuk mempermudah manusia dalam menyelesaikan berbagai macam masalah atau
pekerjaan yang terdapat di dunia. Penggunaan teknologi oleh umat manusia
diawali dengan adanya pengubahan sumber daya alam menjadi berbagai macam
alat-alat sederhana.
Istilah teknologi sendiri berasal dari
perpaduan dua kata, yaitu techne dan logos. Kata techne dalam
bahasa Yunani memiliki arti keterampilan sedangkan logos berarti
ilmu. Secara singkatnya, pengertian teknologi berarti ilmu yang mempelajari
tentang keterampilan.
Penggunaan istilah teknologi sendiri
diadopsi dari bahasa Inggris “Technology” sejak abad ke-20 yang
bersamaan dengan berakhirnya Revolusi Industri Kedua.
Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli
Menurut Poerbahwadja Harahap,
pengertian teknologi mengacu pada sebuah ilmu pengetahuan yang menyelidiki
tentang cara kerja di bidang teknik, mengacu pada sebuah ilmu pengetahuan yang
digunakan dalam pabrik ataupun industri tertentu. Dimana definisi ini mengacu
pada definisi praktis dari teknologi yang banyak ditemukan pada pabrik-pabrik
dan industri tertentu.
Menurut seorang ahli teknologi
bernama Nasibit mengatakan bahwa teknologi adalah sebuah benda
dan juga sekaligus obyek berikut bahan dan wujud yang berbeda dibandingkan
dengan manusia biasa.
Pendapat lain juga diungkapkan
oleh Miarso yang menyatakan bahwa teknologi adalah suatu
bentuk proses yang meningkatkan nilai tambah. Proses tersebut dapat
menghasilkan suatu produk tertentu dimana produk yang bersangkutan tidak
terpisah dari produk lain yang telah ada terlebih dulu. Teknologi menurutnya
merupakan sebuah bagian integral yang terdapat dalam suatu sistem tertentu.
Sejarah Teknologi
Berbagai macam inovasi senantiasa
terus berkembang selama abad pertengahan berlangsung. Teknologi abad
pertengahan banyak menggunakan mesin sederhana seperti halnya tuas, baut, dan
katrol yang digabung untuk membentuk peralatan lain yang lebih kompleks.
Pada zaman renaisans, ditemukan mesin
cetak yang memungkinkan adanya dokumenstasi pengetahuan yang lebih luas dan
teknologi juga semakin menunjukkan keterkaitannya dengan sains. Kemajuan
teknologi di abad ini dikatakan lebih stabil sehingga dapat membuat cadangan
makanan dan barang menjadi lebih stabil pula.
Revolusi industri di Inggris pada abad
ke-18 merupakan babak awal adanya penemuan teknologi-teknologi baru dalam
bidang pertanian, manufaktur, pertambangan, dan lain sebagainya. Kemajuan sains
dan penemuan berbagai konsep telah memungkinkan adanya perkembangan teknologi
ke arah yang lebih maju dan setingkat lebih tinggi dari jaman sebelumnya. Pada
akhir abad 19 dan awal abad 20-an, teknologi di bidang transportasi mulai
berkembang pesat. Seperti, kereta api dan pesawat terbang.
Kemudian pada abad 20 semakin banyak
penemuan-penemuan baru. Misalnya dalam bidang fisika, ditemukan adanya fisi
nuklir yang memicu adanya penemuan di bidang senjata dan tenaga nuklir.
Komputer juga semakin mengecil ukurannya berkat adanya transistor dan
sirkuit yang terintegrasi. Selain itu, perkembangan teknologi informasi juga
sangat pesat di abad ke-21. Yaitu, dengan ditemukannya internet yang
mereformasi total tentang media informasi.
c. Unit Pendukung
Unit pendukung proses atau sering disebut unit utilitas
merupakan bagian penting yang menunjang berlangsungnya suatu proses dalam suatu
kegiatan.
d. Teknologi Pendukung
Disektor sains dan teknologi terdiri dari
beberapa teknologi populer yang mampu membantu aktivitas manusia. Mulai dari
teknologi kecerdasan buatan hingga 5G yang ramai dibicarakan. Teknologi
tersebut dapat mempermudah aktivitas kehidupan sehari-hari bagi penggunanya.
Misalkan Mesin pencari Google baru-baru ini meluncurkan
Machine Learning Crash Course (MLCC) dalam bahasa Indonesia. MLCC sendiri
adalah sebuah kursus singkat dan tidak dikenakan biaya yang memberikan pembelajaran
mengenai Machine Learning dan cara mengaplikasikan TensorFlow. Menurut Google,
Senin, 10 Desember 2018, Machine Learning merupakan hal yang sangat menarik
untuk dipelajari belakangan ini. Selain dapat mendeteksi spam di Gmail, Machine
Learning juga mampu membantu dokter mendiagnosis penyakit.
Bahkan para peneliti dari Inggris dan Amerika
telah berhasil mengembangkan sebuah metode untuk memprediksi terjadinya gempa
bumi lewat teknik pembelajaran mesin (machine learning). Meskipun dilakukan di
dalam laboratorium, percobaannya diatur menyerupai kejadian sesungguhnya.
Hasilnya dapat digunakan memprediksi secara tepat gempa bumi di dunia nyata.
Penelitiannya dipublikasikan dalam jurnal Geophysical Review Letters.
2. Strategi Yang Perlukan Dalam Koordinasi Untuk Implementasi
Manajemen Olahraga
- Formulasi strategi, Penilaian kondisi, analisa kapabilitas internal, dan kembangkan rencana. Termasuk, peluang dan ancaman lingkungan, pola manajerial, teknikal, informasional, organisasial, dan sumber daya keuangan yang dibutuhkan. Rumuskan misi dan tujuan, serta strategi yang perlu dilakukan untuk meraihnya.
- Implementasi Strategi, Manajer memposisikan strategi senantiasa berada dalam alur arah pencapaian tujuan. Mengembangkan struktur organisasi untuk dapat mengawasi proses. Bila perlu bentuk departemen atau bagian khusus.
- Analisis Lingkungan, Menganalisa berbagai alasan keberhasilan atau kegagalan organisasi. Menilai kondisi organisasi saat ini, prediksi akurat di masa yang akan datang, dan menggunakan berbagai informasi untuk merumuskan strategi terbaik.
- Analisis Kapabilitas, Internal Organisasi Suatu penentuan kapabilitas internal organisasi secara teknikal dan sistem sumber daya manusia-nya. Manajer menganalisis perpaduan antara kapabilitas organisasi saat ini dengan kondisi lingkungan. Karena itu, manajer perlu menelaah kekuatan dan kelemahan manajerial organisasi, teknis, keuangan, dan kapabilitas sumber daya manusia-nya.
- Pemilihan Bidang Strategis, Penentuan area strategis dengan memperhatikan ukuran organisasi, minat konsumen, produk yang menguntungkan, dan lingkungan yang mendukung. Karena itu, sering pula memperhatikan pasar target yang dicapai.
- Pilih Misi, Tujuan Strategis dan Strategi, Penentuan misi yang jelas dengan tujuan yang bisa dicapai, mencerminkan metode publikasi produk, pasar target, dan metode pendekatan dalam meraih tujuan. Perlu pula dibarengi dengan upaya penelitian dan pengembangan, pembiayaan, operasional prosedur, dan pemasaran. Tentukan pula strategi generik, strategi utama, atau strategi ancillary.
- Pilih Rencana, Tujuan, dan Strategi Fungsional, Perumusan rencana yang mencerminkan tujuan fungsional, tingkatan strategis, spesifik, menggambarkan harapan, pengaturan waktu, dan layanan sebagai panduan.
- Pemilihan Struktur, Pembuatan struktur, proses, dan sistem organisasi yang bisa mengantarkan pada pencapaian tujuan strategis
- Pemilihan Sistem Kepemimpinan dan Penghargaan, Perumusan sistem kepemimpinan yang menggugah semangat kerja anggota berpenampilan terbaiknya untuk mencapai tujuan strategis. Perhatikan pula unsur budaya organisasi yang terbentuk oleh nilai, mitos, keyakinan, simbol-simbol, dan tradisi yang terbentuk.
- Proses Pengawasan dan Evaluasi, Manajemen tingkat atas merumuskan desain dan tindakan pengawasan dan evaluasi atas semua strategi yang dijalankan. Teknik evaluasi dirumuskan untuk memonitor kemajuan organisasi dan tujuan organisasi. Sedangkan standar penampilan digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan organisasi.
- Masukan dan Umpan Balik, Sebagai tindakan korektif, manajer perlu memperhatikan umpan balik dan masukan dari semua keberhasilan yang telah dicapai. Manajer perlu juga memperdulikan tingkat kegagalan yang dialami untuk merumuskan kembali prospeknya di masa yang akan datang.
Beberapa tantangan yang dihadapi dalam
pengembangan organisasi keolahragaan adalah :
Pengembangan Sosial |
Aspek Dukungan. Meningkatkan
partisipasi masyarakat dalam berolahraga perlu secara positif didukung oleh
sikap masyarakat itu sendiri, kebijakan publik, dan sumber sumber daya lain
yang ada pada masyarakat, seperti: ekonomi, politik, dan agama. Keterkaitan
ini perlu dijadikan informasi bukti yang kuat dalam penentuan strategi dan
arah pengembangannya. |
Pengembangan Keorganisasian |
Tanggung Jawab Publik. Organisasi
keolahragaan berkaitan dengan perencanaan risk management yang dibutuhkan
pada semua tingkatan partisipasi masyarakat terhadap kegiatan olahraga.
Implementasi pemulihan sangat penting untuk mengarahkan krisis tanggungjawab
publik dalam kegiatan keolahragaan dan menyeimbangan minat diantara pemberi
layanan dan konsumen. Teknologi. Semakin efektif
komunikasi dan layanan olahraga tergadap publik perlu didukung oleh kekinian
teknologi olahraga agar mencapai kebutuhan manajemen informasi dalam kerangka
pengembangan |
Partisipasi |
Aktivitas Jasmani. Untuk
meningkatkan tingkat aktivitas kelompok masyarakat (misal: orang dewasa,
anak-anak, remaja putri) yang saat ini memiliki tingkat partisipasi rendah.
Olahraga perlu mengembangkan program-program inovasi yang akurat yang mudah
dilakukan oleh masyarakat. |
Pembinaan Identifikasi Bakat |
Keberhasilan di Masa Yang Akan Datang tergantung
pada Upaya- Upaya Masa Kini. Kunci
keberhasilan penampilan olahraga tingkat tinggi perlu kerjasama dan
koordinasi implementasi program melalui penyediaan rekomendasi dan
sumber-sumber daya yang dibutuhkan. |
Pengembangan Sumber Daya Manusia |
Relawan Prinsip yang
dibutuhkan manajemen sumber daya manusia perlu diaplikasikan dalam
pembentukan dan pengembangan relawanrelawan dan pengurus serta pembina yang
berkualifikasi dan kompetens di bidang keolahragaan. |
Infrastruktur |
Kesinambungan Perencanaan dan
pengembangan infrastruktur olahraga perlu dikembangkan dalam prinsip desain
kesinambungan dan manajemen. Penyediaan fasilitas menjadi faktor utama
sehingga memperjelas syarat-syarat yang dibutuhkan. Perencanaan pendidikan
jasmani dan olahraga harus dikoordinasikan dengan perencanaan infrastruktur
lainnya yang dibutuhkan masyarakat |
Opini
Manajemen olahraga
pada dasarnya merupakan seni
atau proses dalam perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian / pengawasan
sumber daya pendidikan melalui aktivitas jasmani dan olahraga yang
terpilili untuk mencapai tujuan pendidikan
secara efektif dan efisien.
Tujuan di atas
merupakan pedoman bagi guru olahraga dalam
melaksanaan tugasnya. Tujuan tersebut harus bisa dicapai melalui kegiatan
pembelajaran yang direncanakan secara matang, dengan berpedoman pada ilmu mendidik. Dengan demikian, hal terpenting untuk disadari oleh guru
olahraga adalah bahwa ia harus menganggap
dirinya sendiri sebagai pendidik, bukan hanya sebagai pelatih atau pengatur kegiatan.
Secara individu mahasiswa diminta untuk :
Membuat Opini (essay)
tentang relevansi manajemen dengan Olahraga.
Memberikan contoh situasi dimana manejemen mempengaruhi dunia
olahraga di Indonesia saat ini (sebutkan jenis kasusnya).
REFERENSI :
- Anonim. (2003). Gerakan Nasional Garuda Emas. Jakarta: KONI Pusat.
- Arifin Abdulrachman. (1973). Kerangka Pokok-Pokok Manajemen Umum. Jakarta: PT. Ikhtiar Baru.
- Bambang Tri Cahyono.(1995). Pengadaan Sumberdaya Manusia. Jakarta: IWAPI.
- Beveridge D. (1989. Tantangan Berprestasi. Jakarta: Banapura Aksara.
- Dirjen Olahraga Depdiknas. (2002). Pedoman Mekanisme Koordinasi Pembinaan Olahraga, Kesegaran Jasmani dan Kelembagaan Olahraga. Jakarta:Ditjen Olahraga.
- Dornan J. dan Maxwell J.C. (1998). Strategi Menuju Sukses. Jakarta: Network Twenty One.
- Hesselbein F. Goldsmith M. dan Beckhard R. (1997). The Leader of The Future. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
- Imai M, Gamba Kaizen. (1998). Pendekatan Akal Sehat, Berbiaya Rendah pada Manajemen, Jakarta: Yayasan Toyota.
- ISORI. (2003). Menata Ulang Bangunan Sistem Keolahragaan Nasional. Jakarta: PP. ISORI.
- James A. Fitzsimmons, Mona J. Fitzsimmons. (1994). Service Management for Competitive Advantage. Singapore: Mc Graw-Hill, Inc.
- Kantor Menpora. (1997). Visi 2020 Olahraga Indonesia. Jakarta: Menpora.\
- Komaludin. (1989). Manajemen. Jakarta: Depdikbud-Dirjen Dikti.
- KONI. (1999). Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga. Jakarta: KONI Pusat
- Kotter J.P. (1997). Leading Change. Jakarta: PT. Sun.
- Kouzes J.M., dan Posner B-2. (1997). Kredibilitas. Jakarta: Profesional Books.
- Malayu S.P. Hasibuan. (1999). Organisasi dan Motivasi. Jakarta: Bumi Aksara.
- Morrisey G.L. (2002). Pemikiran Strategis. Jakarta: Prenhallindo.
- Prajudi Atmosudirdjo. (1978). Dasar-Dasar Ilmu Administrasi. Jakarta: Seri Pustaka Ilmu.
- Rusli Luthan. (2003). Olahraga, Kebijakan dan Politik, Jakarta: KONI dan Dirjen Olahraga.
- Salusu. (2000). Pengambilan Keputusan Stratejik. Jakarta: Grasindo.\
- Sondang P. Siagian. (1992). Fungsi-Fungsi Manajerial. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
- Stoner J.A. (1986). Manajemen. Jakarta: Erlangga.
- Sunarto dan Sahedhy Noor R. (2001). Manajemen Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: BPFE-UST.
- Terry G.R. (1986). Principle of Management. Illinois Richard : D. Irwin, Inc. Homewood.
- The Liang Gie. (1978). Pengertian, Kedudukan, dan Perincian Ilmu Administrasi. Yogyakarta: Karya Kencana.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar