Rabu, 14 Oktober 2015

Manajemen Pemasaran Internasional - Internasional Marketing Vs Global Marketing

 A.    DESKRIPSI
Modul ini menjelaskan tentang Internasional Marketing Vs Global Marketing
1.      Pengertian internasional dan global.
2.      Definisi pemasaran internasional dan pemasaran global.
3.      Jenis – Jenis Pemasaran Internasional
4.      Tipologi MNC
5.      Integrasi global


B.     KEGIATAN BELAJAR
Modul ini menjelaskan tentang Internasional Marketing Vs Global Marketing
1.      Pengertian internasional dan global.

Pemasaran global adalah pemasaran berkala seluas dunia. Peluang pasar selalu terbuka bagi semua pelaku usaha, tak terkecuali di pasar ekspor. Yang penting mesti kreatif dan mau berinovasi dalam mengembangkan pasar.Pelaku bisnis yang tangguh tentu tak mudah ditenggelamkan oleh setiap perubahan tantangan bisnis meski tantangan yang datang semakin berat. Bagi para pebisnis sejati, kesulitan justru menjadi cambuk yang melecut semangat untuk memecahkannya sehingga usaha dapat semakin berkembang dan maju. Karakter semacam itu tampaknya juga melekat pada sederet pengelola perusahaan di Indonesia yang juga terlihat dari kinerja perusahaan yang dikelola yang hasilnya memang super.

2.      Definisi pemasaran internasional dan pemasaran global.


3.      Jenis – Jenis Pemasaran Internasional
4.      Tipologi MNC
5.      Integrasi global


1.      Pengertian
Pemasaran Internasional adalah pelaksanaan aktivitas-aktivitas bisnis yang mengarahkan arus barang dan jasa kepada konsumen atau pemakai pada lebih dari satu negara.

Istilah pemasaran internasional juga dipakai dalam pengertian yang sangat umum untuk mengacu kepada segala jenis keterlibatan di luar pasar domestik perusahaan.

Pasar domestik merujuk pada praktik-praktik pemasaran pada sebuah negara asal pemasar 

Mengapa Melakuakan Pemasaran Internasional
a)        Kejenuhan pasar domestik
b)        Defisit perdagangan Luar Negeri
c)        Globalisasi pasar
d)        Peluang melalui bantual Luar Negeri
e)        Alasan-alasan lain (skala ekonomi, jaminan bahan baku, dll)

Kompetensi Pemasaran Internasional
a)      Kemampuan untuk menangani rintangan yang dihamparkan oleh pemerintah-pemerintah yang menghalang-halangi arus bebas barang dan jasa yang melewati perbatasan mereka.
b)      Kemampuan untuk mengatasi perbedaan-perbedaan yang selalu ada pada saat mengekspor atau berkiprah di dalam satu atau lebih negara.
c)      Kemampuan untuk menyokong dan mengevaluasi ekspor atau upaya pemasaran asing

Pelaku Utama dalam PI
a)       Perusahaan Multinasional (MNC)
b)        Perusahaan Global
c)        Perusahaan jasa
d)        Eksportir
e)        Importir

2.      Keunggulan spesifik sebuah negara (CSA), keunggulan spesifik perusahaan (FSA), perluasan Model Five Forces Porter, persaingan antar pemasar global.
3.      Arti budaya, lintas budaya & kegiatan pemasaran, budaya dalam proses negosiasi, batasan sensitivitas budaya.
2.1. Arti Budaya

C. TUGAS KEGIATAN BELAJAR

Secara individu mahasiswa diminta untuk :
1.      Membuat karangan (essay) tentang Posisi Indonesia di era perdagangan bebas.
2.      Memberikan contoh pelaku global marketing (sebutkan nama produknya).

REFERENSI :
Johny K Johansson (JJK) “Global Marketing Management” McGraw-Hill International Edition, 2006



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEPEMIMPINAN & PENGAMBILAN KEPUTUSAN

KEPEMIMPINAN & PENGAMBILAN KEPUTUSAN Oleh : Eko Yulianto, ST, MM, MSD (NIDN 0325077407) A. Pendahuluan Pengelolaan suatu bisnis, baik it...