A.
DESKRIPSI
Modul ini
menjelaskan tentang Internasional Marketing Vs Global
Marketing
1. Pengertian internasional dan
global.
2. Definisi pemasaran
internasional dan pemasaran global.
3. Jenis – Jenis Pemasaran
Internasional
4. Tipologi MNC
5. Integrasi global
B.
KEGIATAN BELAJAR
Modul ini
menjelaskan tentang Internasional Marketing Vs Global
Marketing
1. Pengertian internasional dan
global.
Pemasaran global adalah pemasaran
berkala seluas dunia. Peluang pasar selalu terbuka bagi semua pelaku usaha, tak
terkecuali di pasar ekspor. Yang penting mesti kreatif dan mau berinovasi dalam
mengembangkan pasar.Pelaku bisnis yang tangguh tentu tak mudah ditenggelamkan
oleh setiap perubahan tantangan bisnis meski tantangan yang datang semakin
berat. Bagi para pebisnis sejati, kesulitan justru menjadi cambuk yang melecut
semangat untuk memecahkannya sehingga usaha dapat semakin berkembang dan maju.
Karakter semacam itu tampaknya juga melekat pada sederet pengelola perusahaan
di Indonesia yang juga terlihat dari kinerja perusahaan yang dikelola yang
hasilnya memang super.
2. Definisi pemasaran
internasional dan pemasaran global.
3. Jenis – Jenis Pemasaran
Internasional
4. Tipologi MNC
5. Integrasi global
1.
Pengertian
Pemasaran Internasional
adalah pelaksanaan aktivitas-aktivitas bisnis yang mengarahkan arus barang dan
jasa kepada konsumen atau pemakai pada lebih dari satu negara.
Istilah pemasaran internasional juga dipakai dalam pengertian yang
sangat umum untuk mengacu kepada segala jenis keterlibatan di luar pasar
domestik perusahaan.
Pasar
domestik merujuk pada praktik-praktik pemasaran pada sebuah negara asal
pemasar
Mengapa Melakuakan
Pemasaran Internasional
a)
Kejenuhan
pasar domestik
b)
Defisit
perdagangan Luar Negeri
c)
Globalisasi
pasar
d)
Peluang
melalui bantual Luar Negeri
e)
Alasan-alasan
lain (skala ekonomi, jaminan bahan baku, dll)
Kompetensi Pemasaran
Internasional
a)
Kemampuan
untuk menangani rintangan yang dihamparkan oleh pemerintah-pemerintah yang
menghalang-halangi arus bebas barang dan jasa yang melewati perbatasan mereka.
b)
Kemampuan
untuk mengatasi perbedaan-perbedaan yang selalu ada pada saat mengekspor atau
berkiprah di dalam satu atau lebih negara.
c)
Kemampuan
untuk menyokong dan mengevaluasi ekspor atau upaya pemasaran asing
Pelaku Utama dalam PI
a)
Perusahaan
Multinasional (MNC)
b)
Perusahaan
Global
c)
Perusahaan
jasa
d)
Eksportir
e)
Importir
2.
Keunggulan spesifik sebuah negara (CSA), keunggulan
spesifik perusahaan (FSA), perluasan Model Five
Forces Porter, persaingan antar pemasar global.
3.
Arti budaya, lintas budaya & kegiatan pemasaran,
budaya dalam proses negosiasi, batasan sensitivitas budaya.
2.1. Arti Budaya
C.
TUGAS KEGIATAN BELAJAR
Secara
individu mahasiswa diminta untuk :
1.
Membuat
karangan (essay) tentang Posisi Indonesia di era perdagangan bebas.
2.
Memberikan
contoh pelaku global marketing (sebutkan nama produknya).
REFERENSI :
Johny K
Johansson (JJK) “Global Marketing
Management” McGraw-Hill International Edition, 2006
Tidak ada komentar:
Posting Komentar