Jumat, 29 Maret 2024

MANAJEMEN JASA - MENAWARKAN KEUNGGULAN PRODUK

Menawarkan Keunggulan Produk 

 


Dalam lanskap bisnis yang kompetitif saat ini, sangat penting bagi produsen untuk menonjol dan menunjukkan keunggulan produk mereka.

Namun, bagaimana tepatnya Anda bisa melakukan hal itu? Bagaimana Anda dapat memastikan bahwa produk Anda tidak hanya memenuhi, tetapi juga melampaui harapan pelanggan?. Keunggulan produk adalah kunci untuk mendapatkan keunggulan kompetitif dan membangun basis pelanggan setia.

Hal ini melibatkan pengiriman produk berkualitas tinggi yang secara konsisten berkinerja baik dan memberikan nilai yang luar biasa kepada pelanggan. Namun, mencapai keunggulan produk bukanlah tugas yang mudah dan membutuhkan perencanaan dan pelaksanaan yang cermat.


Apa Itu Keunggulan Produk

Saat hendak membeli produk di pusat perbelanjaan atau e-commerce, konsumen tentunya akan menganalisa keunggulan produk sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli barang yang diinginkan dari brand tertentu.

Keunggulan produk bisa bermacam-macam, mulai dari harga yang bersaing, kualitas barang, bahkan variasi produk yang lebih beragam, bisa menjadi pertimbangan konsumen saat membeli produk tertentu.

Keunggulan produk adalah manfaat yang diperoleh dari konsumen saat membeli suatu produk, mulai dari pelayanan yang membuat konsumen terkesan hingga kualitas barang yang membuat konsumen sulit beralih ke brand lain.

Berbagai manfaat yang diberikan juga menjadi alasan bagi konsumen untuk membeli produk anda di waktu yang akan datang, sehingga memudahkan mereka untuk kembali.

Sehingga keunggulan produk perlu diperhatikan oleh produsen guna mendapatkan konsumen setia dan membuat produk yang dimiliki dapat bersaing dengan kompetitor lainnya.


Jenis-jenis Keunggulan Produk

Dalam hal pemasaran, memahami berbagai jenis keunggulan produk sangatlah penting. Apakah Anda mengetahui berbagai keunggulan yang dapat ditawarkan oleh suatu produk? Mengetahui keunggulan-keunggulan ini dapat membantu bisnis memposisikan produk mereka secara efektif di pasar dan menarik pelanggan. 

Dalam pasar yang kompetitif, bisnis perlu membedakan produk mereka dari yang lain untuk mendapatkan keunggulan kompetitif.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menyoroti keunggulan unik yang dimiliki produk mereka.

Keunggulan ini dapat berkisar dari kualitas dan fungsionalitas yang unggul hingga efektivitas biaya dan kenyamanan.

Dengan memahami keunggulan-keunggulan ini, bisnis dapat secara efektif mengkomunikasikan nilai yang ditawarkan produk mereka kepada pelanggan potensial, yang pada akhirnya mendorong penjualan dan kesuksesan.


1. Keunggulan Langsung

Keuntungan pertama yang bisa ditunjukkan dari produsen ke konsumen yang dimiliki adalah keunggulan langsung yang bisa dirasakan oleh konsumen. 

Misalnya saja sebuah produsen parfum menunjukkan keunggulan produk secara langsung dengan memberikan klaim bahwa barang yang dimiliki memiliki aroma yang segar dan tahan lama, sehingga cocok digunakan bagi konsumen yang memiliki banyak aktivitas di luar ruangan namun tetap ingin merasa wangi.

Klaim tersebut akan membuat konsumen yang memiliki kebutuhan dan keinginan yang sama untuk membeli produk tersebut, keunggulan produk secara langsung juga menguntungkan bagi produsen untuk menunjukkan kelebihan produk yang berbeda dari kompetitor lain sehingga menarik minat konsumen.


2. Keunggulan Tidak Langsung

Saat membeli sebuah produk, biasanya konsumen tidak hanya ingin merasakan manfaat dari produk tersebut, namun juga membantu untuk menaikkan nilai diri di mata orang lain.

Misalnya saja saat anda membeli produk dari brand mewah dan membawanya ke acara tertentu, dengan memakai produk tersebut, tentunya akan membuat pengguna merasa lebih percaya diri di depan banyak orang dengan barang yang digunakan.

Strategi keunggulan produk secara tidak langsung biasanya digunakan oleh brand-brand mewah atau terkenal untuk memasarkan produknya dengan menampilkan promosi yang terkesan mewah dan hanya bisa dijangkau oleh kalangan tertentu.


Cara Menunjukkan Keunggulan Produk

Dalam pasar yang sangat kompetitif, bagaimana bisnis dapat menonjol dan membuktikan bahwa produk mereka benar-benar unggul? Dengan banyaknya pilihan yang tersedia, mungkin sulit bagi konsumen untuk mengambil keputusan.

Namun, ada beberapa strategi yang dapat digunakan perusahaan untuk menunjukkan keunggulan produk dan mendapatkan keunggulan kompetitif.

Di dunia yang serba cepat saat ini, konsumen dibanjiri dengan pilihan produk yang tak terhitung jumlahnya 

Dari ponsel pintar hingga peralatan rumah tangga, pilihannya seolah tak ada habisnya. Akibatnya, pelanggan menjadi lebih cerdas dan menuntut dalam hal kualitas dan nilai produk yang mereka beli. Bisnis harus melakukan lebih dari itu untuk menunjukkan keunggulan penawaran mereka.

Keunggulan produk bukan hanya tentang memiliki produk yang unggul, ini tentang mengkomunikasikan nilainya secara efektif dan menonjol dari persaingan.

Dalam artikel ini, kami akan membahas strategi utama yang dapat digunakan oleh bisnis untuk menunjukkan keunggulan produk dan menarik pelanggan yang mencari yang terbaik dari yang terbaik. 


1. Lakukan Analisa Pasar

Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum menunjukkan keunggulan produk adalah melakukan analisa konsumen. 

Cara ini dilakukan untuk mengetahui masalah yang dihadapi konsumen serta solusi yang bisa ditawarkan dari produk yang dimiliki.

Selain itu, dengan melakukan analisa konsumen secara mendalam, maka akan memudahkan produsen untuk mengetahui promosi yang tepat berdasarkan demografi pembeli.

Misalnya anda memiliki brand skincare yang menyasar kalangan anak remaja, maka anda perlu mengetahui masalah yang dihadapi remaja tersebut.

Contohnya adalah jerawat yang muncul akibat pubertas atau ingin merawat diri karena kegiatan yang padat menjadikan kulit kusam namun ingin memiliki produk kecantikan dengan harga yang terjangkau.

Dengan mengetahui masalah konsumen tersebut, maka akan memudahkan produsen untuk membuat promosi produk yang sesuai keunggulan serta solusi yang bisa diberikan.

Dalam melakukan analisa konsumen, anda tidak hanya perlu mengenali produk yang dimiliki, namun juga kompetitor lain yang bergerak di bidang yang sama.

Dengan mengetahui kompetitor yang bergerak di bidang tersebut, maka akan memudahkan produsen untuk mengetahui kelemahan brand lain, sehingga bisa menjadi celah untuk promosi produk yang jarang diketahui oleh brand lainnya.

Di sisi lain, anda juga perlu memerlukan alat serta metode yang tepat untuk menganalisa permintaan konsumen, sehingga hasil yang didapatkan dapat menyasar target konsumen yang tepat.

Semakin dalam anda mengetahui kebutuhan pasar, maka akan memudahkan anda dalam menganalisa keunggulan produk yang berguna untuk melakukan promosi produk yang efektif.


2. Ketahui Jumlah Penjualan

Setelah memiliki data mengenai keunggulan produk serta target konsumen yang dituju maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengetahui jumlah penjualan dari produk yang akan dipromosikan di media pemasaran 

Semakin dalam data penjualan yang dimiliki, maka akan memudahkan anda untuk melakukan analisa serta identifikasi peluang baru untuk melakukan promosi berdasarkan keunggulan produk yang dimiliki.

Pada pengumpulan data ini, anda bisa menggunakan berbagai saluran untuk mendapatkan data yang diinginkan.

Misalnya anda ingin mengetahui jumlah penjualan secara daring, maka anda bisa memanfaatkan fitur insight yang terdapat di sosial media atau e-commerce untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai produk yang dibeli oleh konsumen berdasarkan demografi tertentu.

Melakukan analisa penjualan menggunakan alat yang tepat akan lebih efisien untuk mengidentifikasi keunggulan produk yang belum pernah anda ketahui sebelumnya.

Hal ini dikarenakan saat anda melakukan analisa keunggulan produk ke demografi konsumen tertentu, maka anda akan mendapatkan wawasan baru yang menguntungkan dalam menentukan keunggulan produk yang menarik perhatian mereka.

Misalnya saja target konsumen remaja lebih menyukai harga produk yang murah namun pembeli dengan usia  yang lebih matang menyukai produk dengan kemasan bundle sehingga menghemat pengeluaran dalam jangka waktu tertentu.

Cara ini juga akan membantu dalam pemasaran untuk kalangan konsumen tertentu, sehingga meningkatkan pembelian dari grup tertentu serta merawat target konsumen yang dimiliki.


3. Kenali Keunggulan Produk

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan sebelum mengenali keunggulan produk adalah melakukan analisa yang mendalam. 

Hal ini bisa dimulai dengan mengetahui bahan yang dikandung oleh produk yang dimiliki, sehingga setiap manfaat dari bahan tersebut bisa ditonjolkan sebagai keunggulan produk.

Selain itu, anda juga bisa menilai kemasan produk yang dimiliki sesuai kebutuhan konsumen, sehingga menjadi daya tarik dan keunggulan produk.

Misalnya saja, anda memiliki produk pakaian olahraga untuk pria, maka anda bisa menunjukkan keunggulan produk anda, mulai dari desain yang menarik, sehingga konsumen yang menggunakannya akan lebih percaya diri untuk melakukan olahraga di luar ruangan.

Dengan mengetahui keunggulan produk yang dimiliki maka akan memudahkan untuk mengidentifikasi kelebihan barang yang dimiliki yang nantinya ditonjolkan saat melakukan promosi di berbagai media pemasaran.

Guna mengenali keunggulan produk yang dimiliki dengan lebih mudah, maka anda bisa mengecek kembali tujuan dari produk saat mengembangkan barang tertentu saat melakukan desain dan pengembangan barang.

Cara ini juga akan memudahkan anda untuk menunjukkan keunggulan produk dibandingkan mengira-ngira kelebihan yang dimiliki.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mencoba sendiri produk yang dimiliki sebelum akhirnya diluncurkan di pasaran.

Percobaan ini akan memudahkan untuk mengetahui keunggulan produk yang tersembunyi dan tidak disebutkan sebelumnya serta kekurangan yang dimiliki.

Strategi ini akan memudahkan anda untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan produk, sehingga akan membantu untuk pengembangan barang yang dimiliki.

 

4. Tunjukkan Harga Produk

Saat menjual produk yang sama dengan kompetitor lain yang memiliki barang yang sama, tentunya anda perlu menunjukkan keunggulan produk yang membuat konsumen tertarik untuk membelinya.

Salah satunya adalah dengan menunjukkan harga produk yang lebih terjangkau dari kompetitor lain, sehingga menarik minat konsumen untuk membelinya.

Meskipun begitu, sebuah brand baru yang meluncurkan produk dengan harga terjangkau bisa saja diragukan oleh konsumen, sebab harganya jauh lebih murah dari kompetitor lain.

Sehingga anda bisa menunjukkan harga produk yang diberikan juga dapat bersaing dengan menunjukkan keunggulan produk yang tidak kalah dengan kompetitor lain.

Hal ini juga berlaku apabila anda menjual produk yang lebih mahal dibandingkan kompetitor lain, sehingga membuat pembeli berfikir ulang untuk membelinya.

Misalnya saja, anda memberikan bundle produk untuk beberapa barang sekaligus, sehingga calon konsumen akan tertarik untuk membelinya.

Tidak hanya itu, anda juga menunjukkan keunggulan produk dari kandungan bahan yang dimiliki dan tidak dimiliki oleh kompetitor lain, sehingga menimbulkan rasa penasaran dari calon konsumen.

Di samping itu, memberikan kemasan produk yang terlihat mewah dan menarik perhatian, juga akan membuat konsumen tertarik untuk membeli, sebab sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Memilih warna kemasan produk yang terkesan elegan serta melakukan kolaborasi dengan brand lain juga menjadi daya tarik untuk menunjukkan keunggulan produk untuk harga produk yang lebih mahal.


5. Bantu Atasi Masalah Konsumen

Saat membeli suatu produk terbaru, tentunya konsumen ingin mencari barang yang dapat mengatasi masalah yang dihadapi 

Sehingga untuk memikat konsumen pada pandangan pertama adalah dengan memberikan solusi yang sesuai masalah pembeli.

Misalnya adalah anda menjual brand kosmetik berupa bedak, maka anda bisa membantu menyelesaikan masalah konsumen yang ingin memiliki kulit wajah yang tidak terlihat kusam meskipun memiliki jenis kulit yang berminyak.

Sehingga anda bisa menunjukkan keunggulan produk anda dengan menunjukkan bahwa bedak yang dimiliki dapat membantu menahan minyak kulit di wajah, sehingga kulit akan terlihat lebih sehat dan tidak kusam untuk jangka waktu tertentu.

Guna menunjukkan keunggulan produk tersebut, maka anda bisa menunjukkan keunggulan produk anda dengan menuliskannya di kemasan produk atau promosi yang dimiliki.

Hal ini akan memudahkan konsumen yang baru melihat produk anda untuk pertama kali untuk mencobanya, meskipun mereka belum mengenal nama produk anda.

Anda juga bisa mengetahui masalah konsumen dengan mengetahui kandungan bahan yang dimiliki oleh produk anda serta masalah yang bisa diatasi.

Selain itu, melakukan survey ke konsumen juga akan memudahkan anda untuk mengetahui masalah konsumen yang bisa diatasi dengan keunggulan produk yang dimiliki.


6. Berikan Layanan Konsumen Terbaik

Salah satu cara lainnya yang bisa dilakukan untuk menunjukkan keunggulan produk adalah memberikan layanan konsumen terbaik.

Pemberian layanan konsumen ini juga bisa menjadi pertimbangan pembeli untuk membeli produk yang diinginkan, sebab terkadang pembeli menemukan kendala saat memberi produk tertentu baik secara langsung atau melalui e-commerce. 

Salah satu layanan konsumen yang bisa dilakukan untuk menunjukkan keunggulan produk adalah memberikan saran produk yang bisa digunakan oleh konsumen yang dimiliki.

Konsultasi ini tentunya membantu bagi konsumen yang sudah tertarik pada produk yang anda miliki, namun belum mengetahui produk yang tepat untuk masalah yang dihadapi.

Pemberian saran ini bisa dilakukan secara langsung melalui sales penjualan yang dimiliki atau melalui sosial media yang dimiliki, sehingga akan memudahkan pembeli yang hendak membeli secara langsung atau tidak langsung.

Tidak hanya itu, anda juga bisa secara aktif untuk menjawab pertanyaan konsumen yang masuk melalui platform sosial media yang dimiliki.

Misalnya saja konsumen yang bertanya mengenai ketersediaan barang atau variasi warna tertentu, sehingga konsumen yang tertarik bisa langsung membelinya.

Kecepatan dalam menjawab berbagai pertanyaan yang masuk tentunya akan menjadi nilai lebih bagi konsumen, namun sebagai produsen brand menengah dan kecil, tentunya anda perlu membagi waktu untuk melayani permintaan konsumen serta menjawab berbagai pertanyaan yang masuk. 

Masalah ini bisa diatasi dengan memberikan pemberitahuan mengenai waktu pelayanan konsumen, sehingga akan memudahkan pembeli yang ingin bertanya mengenai suatu masalah produk, serta memudahkan produsen untuk membagi waktu produksi serta pelayanan konsumen.


7. Berikan Keamanan Produk

Salah satu dilema yang dihadapi konsumen saat hendak membeli produk melalui e-commerce adalah keamanan produk.

Hal ini dikarenakan barang yang dimiliki akan menempuh perjalanan yang cukup jauh sebelum sampai di tangan konsumen.

Pada perjalanan ini, tentunya konsumen tidak mengetahui kondisi barang sebelum sampai di tempat, padahal pembeli juga mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk membeli produk yang diinginkan.

Kekhawatiran konsumen ini juga bisa menjadi cara untuk menunjukkan keunggulan produk, yakni dengan membeirkan keamanan produk.

Cara ini tentunya membantu produsen yang menjual barang elektronik atau pecah belah, sehingga konsumen bisa membeli barang yang diinginkan dengan aman dan nyaman.

Salah satu cara memberikan pelayanan konsumen berupa keamanan produk adalah dengan memberikan perlindungan ekstra bagi barang yang dijual.

Misalnya adalah melapisi produk dengan berbagai perlindungan ekstra, sehingga akan lebih aman sampai di tangan konsumen.

Tidak hanya itu, anda juga bisa memberikan rekomendasi kemasan produk khusus yang bisa dibeli konsumen secara terpisah untuk menambah keamanan produk.

Anda juga bisa membuat kemasan produk yang bisa digunakan untuk perayaan tertentu, sehingga membuat konsumen tertarik membelinya.


8. Tunjukkan Testimoni Konsumen

Bagi sebuah brand yang telah berkecimpung lama di industri tertentu, maka mereka akan mendapatkan ulasan konsumen baik melalui sosial media atau dari mulut ke mulut. 

Berbagai testimoni konsumen yang penuh sanjungan serta kritikan ini bisa menjadi dua sisi yang menguntungkan bagi produsen.

Misalnya saja testimoni konsumen yang baik bisa digunakan untuk memikat konsumen yang telah merasakan kelebihan produk dari brand tertentu, sehingga bisa menjadi daya tarik pembeli baru untuk mencobanya, karena terdapat ulasan yang baik dari pembeli yang telah mencoba produk tersebut sebelumnya.

Sementara ulasan konsumen yang buruk bisa menjadi masukan yang membangun bagi produsen, dengan memberikan kualitas pelayanan yang lebih baik bagi konsumen di masa yang akan datang.

Guna mengumpulkan testimoni konsumen untuk menunjukkan keunggulan produk, maka anda perlu melakukan berbagai cara mudah dan cepat.

Langkah pertama yang dilakukan adalah mencari nama produk atau brand anda di sosial media, dimana anda akan menemukan berbagai ulasan dari konsumen yang telah mencoba produk anda sebelumnya, sehingga bisa digunakan sebagai testimoni pembeli.

Salah satu keunggulan dari mencari testimoni konsumen di sosial media adalah sebagian besar ulasan yang diberikan adalah berasal dari pengalaman pribadi, sehingga lebih ulasan lebih jujur dan dapat menarik perhatian konsumen lainnya.

Hal ini juga dilakukan dengan masuk ke akun sosial media serta platform penjualan daring yang dimiliki, dimana anda akan melihat berbagai ulasan konsumen di kolom khusus, sehingga akan memudahkan anda untuk memilih testimoni konsumen terbaik sesuai kebutuhan promosi.

Anda juga bisa mengundang konsumen yang memiliki masalah khusus yang bisa diatasi oleh produk yang dimiliki, sehingga akan menarik minat calon pembeli yang memiliki maslah yang sama.

Menghias testimoni konsumen dengan tampilan yang menarik sebelum diunggah di berbagai platform sosial media, juga akan menarik minat pembeli karena tampilan konten yang menarik.

Pastikan untuk memilih testimoni konsumen berdasarkan produk yang dimiliki, sehingga akan memudahkan konsumen untuk mencari ulasan yang diinginkan.


Arti keunggulan produk adalah

Keunggulan produk adalah manfaat yang diperoleh dari konsumen saat membeli suatu produk, mulai dari pelayanan yang membuat konsumen terkesan hingga kualitas barang yang membuat konsumen sulit beralih ke brand lain.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MANAJEMEN JASA - KUALITAS LAYANAN

  KUALITAS LAYANAN Persaingan di dunia bisnis semakin ketat, mengharuskan perusahaan untuk menyadari bahwa kepuasan pelanggan bukan sekadar ...