Kamis, 08 April 2021

MANAJEMEN MASJID - PROGRAM KEGIATAN MASJID PB. JENDERAL SOEDIRMAN

PROGRAM  KEGIATAN

MASJID PANGLIMA BESAR JENDERAL SOEDIRMAN

 

 



LATAR BELAKANG

Eksistensi Masjid Panglima Besar Jenderal Soedirman Cijantung Jakarta Timur  sebagai lembaga da'wah Islam serta peran sertanya dalam mencerdaskan umat telah diakui oleh masyarakat khususnya masyarakat di kawasan Jakarta Timur.

 

Untuk melaksanakan hal diatas, maka diperlukan upaya pengelola dan dukungan dari masyarakat, agar Masjid Panglima Besar Jenderal Soedirman dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

 

Beranjak dari pemikiran diatas , maka program kerja ini disusun sebagai acuan kerja bagi Majelis Masjid

 

 

DASAR

Program Kerja Majelis Masjid Yasma PB. Soedirman Tahun 2008-2013.

Surat Pengurus Harian Yayasan Masjid Panglima Besar Soedirman Nomor : B-193/PH/YMPBS/V/2011 tanggal 6 Jumadil Akhir 1432 H (9 Mei 2011M).

 

 

SEKILAS  MASJID PANGLIMA BESAR JENDERAL SOEDIRMAN

Diusia yang menginjak 29 tahun sejak Masjid Panglima Besar Jenderal Soedirman dibagun  tanggal 30 Nopember  1979 dan diresmikan pada tanggal 12 Nopember 1981saat ini dimakmurkan dengan adanya unit – unit kegiatan pendidikan seperti TK, SD, SMP, SMA, SMK-1, SMK-2, STIE Kusuma Negara, STKIP Kusuma Negara,  dengan ± 7000 orang melakukan aktivitas setiap harinya.

 

Dilokasi yang strategis di Jl. Raya Bogor KM. 24 Cijantung Jakarta Timur, menjadikan tempat ini memiliki nilai strategis da ekonomis.  Lokasi yang mudah dijangkau dengan berbagai akses seperti Terminal Kp. Rambutan (jalur Bus Way), Jl. Tol Jagorawi dan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Pondok Pinang, serta dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti lahan parkir yang luas, keamanan dan poliklinik.

 

 

VISI & MISI

 

Visi   :  

Mengembangkan  Dan Memajukan Masjid Sebagai Fungsi Pembinaan dan Pelayanan Umat

          

Misi  : 

  1. Menggiatkan  kegiatan Da'wah Umat dikalangan  Pelajar Yasma PB. Soedirman Khususnya Dan Masyarakat Luas Pada Umumnya.
  2. Membantu Dan Melayani Kebutuhan Masyarakat Untuk Menyelenggarakan Kegiatan – Kegaiatan Walimatun Umat Seperti :
    • Peringatan Hari Besar Islam
    • Kelompok Bimbingan Islam Dan Haji
    • Pengelolaan Zakat, Infaq Dan sadaqah
    • Tabligh Akbar
    • Penyambutan Dan Pelepasan Siswa/Siswi  Yasma PB. Soedirman
  3. Menginformasikan / Mempublikasikan  Lebih  Jauh  Tentang Keberadaan, Kegiatan  dan Pelayanan Umat Oleh Masjid Panglima Besar Jenderal Soedirman Melalui Media Informasi Tabloid Dan Internet.

 

 

TUJUAN

 

Mengembalikan fungsi Masjid seperti jaman Rasululloh.

Memaksimalkan Masjid sebagai pengelola penerimaan dana ZIS warga Kampus Yasma PB. Soedirman dan masyarakat umum.

Membantu kebutuhan Pelajar, Sekolah/Unit – Unit Kegiatan Yasma PB. Soedirman dan masyarakat umum untuk dapat menyelengarakan kegiatan – kegiatan walimatun umat seperti :

  1. Peringatan Hari Besar Islam
  2. Bimbingan Islam bagi mu'alaf
  3. Konsultasi keluarga
  4. Jasa layanan Kaffah  dan pengantaran  jenazah
  5. Kelompok Bimbingan Islam dan Haji
  6. Tabligh akbar
  7. Penyambutan dan pelepasan siswa/siswi  Yasma PB. Soedirman
  8. Ujian Praktek Agama Islam dan kegiatan-kegiatan pembinaan Iman dan Takwa (mabit) penyambutan dan pelepasan siswa
  9. Menerima dan menyalurkan santunan anak yatim piatu

 

 

SASARAN

  1. Masyarakat umum disekitar kawasan Jakarta timur.
  2. Unit – unit pendidikan dilingkungan Kampus
  3. Siswa/siswi Yasma PB. Soedirman beserta orang tua/wali murid

 

 

EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM KERJA 

Dengan telah berjalannya kalender tahun pembelajaran 2010-2011, maka telah dilaksanakan juga Program Kerja Majelis Masjid Yayasan Masjid Panglima Besar Soedirman Tahun 2010-2011.

 

Dari seluruh program kerja yang direncanakan,  ada yang sudah di realisasikan dan ada beberapa yang belum di realiasikan, sehingga perlu hal dimaksud disampaikan dalam matrik evaluasi Program Kerja Majelis Masjid Yayasan Masjid Panglima Besar Soedirman Tahun 2010-2011, yang meliputi bidang ‘idaroh, ta’mir, ri’ayah, sosial, usaha dan ZIS serta keuangan sebagaimana terlampir.

 

 

S.W.O.T  ANALYSIS 

Infrastruktur

 

Strenght (Keunggulan)

Weaknes (Kekurangan)

Lokasi mudah dijangkau

Daya tampung jama'ah besar

Tingginya tingkat kepercayaan masyarakat

Masyarakat mayoritas muslim

Ikatan emosional yang kuat dengan masyarakat sekitar

Sangat dikenal luas / baik diwilayah Jakarta Timur

Fasilitas pendukung (areal, parkir, poliklinik, keamanan dan sanitasi)

Sering menyelenggarakan kegiatan - kegiatan kemasyarakatan (PHBI, seminar dan walimatun nikah)

 

Faktor kemanan dan pengamanan fasilitas

Menurunnya kepercayaan masyarakat

Usia masjid dan fasilitasnya sudah tua

Fasilitas pendukung sudah banyak yang rusak dan jumlah alat pendukung tidak mencukupi

Lokasi Masjid terkurung ditengah kampus

Ketidak nyamanan jama'ah saat melakukan aktifitas ibadah (ganguan non ibadah)

Dana operasional yang kurang memadai

Opportunity (Peluang)

Treat (Dinamika)

Hubungan baik antar personel instansi dengan instansi lain

Fasilitas Masjid dapat dikemas / dikelola / dipasarkan sebagai lahan usaha layanan jasa

Kesempatan melakukan kerja sama dengan pihak usaha / non usaha

Pengelolaan dana umat (DU & ZIS) khususnya interen YMPBS yang terpusat dimasjid

Menjadi lembaga yang dipercaya masyarakat dan pemerintah

Pesatnya pertumbuhan pemukiman dipinggiran kota Jakarta

Pertumbuhan masjid – masjid baru disekitar Cijantung.

Pilihan masyarakat  (kamum muda) untuk pergi ketempat hiburan / mall

Persaingan pengelolaan ZIS dengan unit-unit sekolah (TK, SD, SMP, SMA & SMK Islam PB. Soedirman)

 

 

 

 

S.W.O.T  ANALYSIS 

Manajemen

 

Strenght (kelebihan)

Weaknes (Kekurangan)

Secara kuantitatif sudah memadai

Secara kualitas cukup memadai

Mempermudah koordinasi

Masing-masing personel memahami job discription masing-masing

 

Kurang personel yang  memiliki multi skill

Terbatasnya kualitas personil sebagai  konseptor

Tidak maskimalnya pelaksanaan job discription

Comunication Relationship yang rendah

 

Opportunity (Peluang)

Treat (Kendala)

Pembinaan secara berkesinambungan

Pembinaan dengan jalan penugasan dan pendelegasian

Pengembangan SDM melalui jalur pendidikan sederajat (S-2) dan seminar dengan bekerja sama dengan SLTA, STIE/STKIP dan lainnya

Peningkatan kinerja melalui motivation tretment

Egoistik personal dan sikap skeptis masih terjadi

Pendanaan yang terbatas menyebabkan tersendatnya pembinaan SDM

Latar belakang pendidikan yang tidak sama

Motivasi dan disiplin kerja rendah

 

 

 

 

PENUTUP

Demikian  program kerja  ini disajikan, terima kasih atas apresiasi dan dukungannya yang memungkinkan rencana ini dapat direalisasikan, terima kasih.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEPEMIMPINAN & PENGAMBILAN KEPUTUSAN

KEPEMIMPINAN & PENGAMBILAN KEPUTUSAN Oleh : Eko Yulianto, ST, MM, MSD (NIDN 0325077407) A. Pendahuluan Pengelolaan suatu bisnis, baik it...