Pengertian Harga
Harga memiliki peranan yang sangat penting dalam
mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk, sehingga sangat
menentukan keberhasilan pemasaran suatu produk.
Definisi harga menurut Kotler dan Armstrong (2001:
439) adalah sejumlah uang yang dibebankan atas suatu produk atau jasa, atau
jumlah dari nilai yang ditukar konsumen atas manfaat-manfaat karena memiliki
atau menggunakan produk atau jasa tersebut.
Tujuan Penetapan Harga
Menurut Tjiptono (2005:35), ada 4 hal yang menjadi
tujuan penetapan harga, yaitu:
- Tujuan berorientasi pada laba. Ini
didasarkan pada asumsi teori ekonomi klasik yang menyatakan bahwa setiap
perusahaan selalu memilih harga yang dapat menghasilkan laba yang
maksimum. Dalam kondisi persaingan yang ketat dan serba kompleks penerapannya
sangat sulit untuk dilakukan.
- Tujuan berorientasi pada volume. Tujuan
ini berorientasi pada volume, dimana harga ditetapkan sedemikian rupa agar
dapat mencapai target volume penjualan, nilai penjualan, ataupun untuk
menguasai pangsa pasar. Misalnya: biaya operasional pemasangan jalur
telepon untuk satu rumah tidak berbeda jauh dengan biaya pemasangan untuk
lima rumah.
- Tujuan berorientasi pada citra. Perusahaan
dapat menetapkan harga tinggi untuk membentuk atau mempertahankan citra
perusahaan. Sebaliknya, harga rendah dapat dipergunakan untuk membentuk
citra nilai tertentu.
- Tujuan stabilisasi harga. Tujuan
stabilisasi dilakukan dengan jalan menetapkan harga untuk mempertahankan
hubungan yang stabil antara harga suatu perusahaan dan harga pemimpin
industri.
- Tujuan-tujuan lainnya. Penetapan harga dapat
juga bertujuan untuk mencegah masuknya pesaing, mempertahankan loyalitas
pelanggan, mendukung penjualan ulang, atau menghindari campur tangan
pemerintah.
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penetapan Harga
Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Penetapan Harga.
Dalam menetapkan harga suatu produk dan jasa,
perusahan perlu mempertimbangkan dua faktor berikut :
a. Faktor
Internal Perusahaan
Faktor ini berasal dari dalam perusahaan, meliputi
:
- Tujuan Pemasaran Perusahaan, Semakin jelas tujuan suatu perusahaan, semakin mudah pula perusahaan tersebut dalam menetapkan harganya. Tujuan tersebut dapat berupa maksimalisasi keuntungan masa sekarang, untuk kelangsungan hidup perusahaan, meraih pangsa pasar yang besar, dan meraih kepemimpinan dalam hal kualitas produk, dan lain-lain.
- Strategi Bauran Pemasaran, Harga merupakan salah satu alat bauran pemasaran yang digunakan perusahaan dalam mencapai tujuan pemasarannya. Perusahaan juga seringkali menempatkan produk mereka melalui harga, dimana harga dalam hal ini menjadi factor ysng menentukan pasaran produk, persaingan, dan rancangan produk.
- Biaya, Biaya menjadi dasar harga yang dapat ditetapkan perusahaan terhadap produknya agar tidak mengalami kerugian.
- Pertimbangan Organisasi, Perusahaan-perusahaan menetapkan harga dengan berbagai cara. Dalam perusahaan kecil, harga seringkali ditetapkan oleh manajemenn puncak, dan bukan oleh departemen pemasaran atau penjualan. Dalam perusahaan besar, penetapan harga biasanya ditangani oleh manajer-manajer divisi ataupun lini produk.
b. Faktor eksternal Perusahaan
Faktor ini berasal dari luar perusahaan,
meliputi:
- Pasar dan Permintaan, Sebelum menetapkan harga, seorang pemasar harus memahami hubungan antara harga dengan pasar dan permintaan atas produknya. Apakah pasar tersebut termasuk ke dalam pasar persaingan sempurna, persaingan monopolistik, oligopolistik, maupun monopoli murni.
- Persaingan, Kebebasan perusahaan dalam menentukan harga itu bergantung pada jenis pasar yang berbeda-beda.
Berdasarkan bentuk persaingannya, ada empat jenis
pasar, antara lain:
- Pasar
Persaingan Sempurna (pure competition), yaitu pasar yang terdiri dari
banyak pembeli dan penjual yang memperdagangkan produk yang seragam.
- Pasar
Persaingan Monopoli (Monopolistic Competition), yaitu pasar yang terdiri
dari banyak pembeli dan penjual yang berdagang pada kisaran harga
tertentu, bukan pada satu harga pasar.
- Pasar
Persaingan Oligopoli (Oligopolistic Competition), yaitu pasar yang
terdiri dari sedikit penjual yang sangat sensitif pada penetapan harga dan
strategi pemasaran yang dilakukan oleh pesaing.
- Pasar Monopoli Murni (Pure Monopoly), yaitu pasar yang hanya ada satu penjual saja.
c. Faktor eksternal Perusahaan Lainnya
Ketika menetapkan harga, perusahaan juga harus
mempertimbangkan faktor-faktor lain di luar perusahaan. Keadaan ekonomi dapat
mempengaruhi penetapan harga. Faktor-faktor ekonomi sepeti inflasi, atau
tingkat bunga dapat mempengaruhi keputusan penetapan harga, karena dapat
mempengaruhi baik biaya produksi maupun persepsi konsumen terhadap harga dan
nilai produk.
Daftar Pustaka :
Kotler, Philip dan Armstrong. 2001. Prinsip-prinsip
Pemasaran Edisi Kedelapan.
Jakarta: Erlangga.
Tjiptono, Fandy. 2004. Strategi Pemasaran, Andi,
Yogyakarta.
http://www.landasanteori.com/2015/07/pengertian-harga-definisi-tujuan-faktor.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar