Dasar-Dasar Segmentasi Target Pasar
Pengertian
segmentasi adalah pengelompokan pelanggan berdasarkan adanya kesamaan.
Segmentasi ini perlu dilakukan sebelum Anda meluncurkan suatu produk agar
target pasar yang dijangkau sesuai dengan rencana yang telah Anda buat. Secara
garis besar, dasar segmentasi pasar terbagi menjadi dua, yaitu homogenitas dan
heterogenitas.
Segmentasi pasar adalah strategi bisnis yang perlu Anda pahami jika ingin bisnis yang dimiliki semakin berkembang.
Contoh sederhana apa itu segmentasi pasar ialah semisal produk minyak wangi untuk perempuan vs laki-laki akan berbeda. Target pasar ini dibedakan berdasarkan kelas sosial, karakter, perilaku maupun keinginan masing-masing calon konsumen.
Apa
itu Segmentasi Pasar ?
Segmentasi pasar adalah strategi perusahaan untuk mengetahui target konsumen dengan lebih baik sehingga bisnis yang dijalankan dapat membawa hasil yang optimal.
Selain diambil
dari definisi secara umum, berikut pengertian segmentasi pasar menurut para
ahli.
Mengenal Sistem Segmentasi Pasar – Dalam memasarkan produknya,sebuah perusahaan harus menggunakan berbagai macam strategi agar kegiatan pemasaran berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan dan produk dapat terjual sesuai dengan target yang ingin dicapai oleh perusahaan.
Mengingat persaingan usaha di era industri saat ini yang sangat ketat maka perusahaan harus mampu membuat strategi terbaik agar mereka mampu bertahan dan bersaing dengan perusahaan lain dalam memasarkan produk perusahaan. Salah satu strategi yang sering digunakan oleh perusahaan dalam memasarkan sebuah produk adalah strategi segmentasi pasar.
Segmentasi pasar adalah suatu proses untuk membagi pasar menjadi kelompok-kelompok konsumen yang lebih homogen, dimana tiap kelompok konsumen dapat dipillih sebagai target pasar untuk dicapai perusahaan melalui strategi bauran pemasarannya.
Segmentasi pasar
yang berperan sebagai salah satu strategi dalm pemasaran tidak semata-mata
harus dilakukan dengan cara menciptakan produk baru (product diversification)
atau membuat produk yang berbeda dengan perusahaan lain,namun dalam segemntasi
pasar lebih didasarkan pada perbedaan minat serta kebutuhan dari konsumen itu
sendiri.
Segmentasi
Pasar Menurut Para Ahli
Basu Swastha
Dharmmesta dan T. Hani Handoko
Pada tahun 2013 mengatakan, segementasi pasar adalah membagi pasar menjadi suatu segmen-segmen sasaran penjualan tertentu yang akan dicapai dengan menggunakan marketing mix.
Kotler dan
Amstrong
Segmentasi pasar
adalah pembagian sebuah pasar menjadi suatu kelompok pembeli yang berbeda. Tujuannya
untuk membentuk kelompok pasar yang homogen, sehingga di dalam pasar tersebut
dapat ditargetkan untuk memasarkan sebuah produk tertentu yang sesuai dengan
kebutuhan, keinginan, dan karakteristik pembeli.
Tujuan Segmentasi
Pasar
Pasar yang sangat luas menjadi salah satu alasan perusahaan melakukan segmentasi dengan cara mengelompok-kelompokkan pasar menjadi beberapa bagian yang lebih kecil, selain alasan tersebut,maksud dan tujuan sebuah perusahaan melakukan strategi segmentasi antara lain adalah :
1.
Lebih Mudah Dalam Membedakan Pasar
Perusahaan menciptakan sebuah produk tentu saja tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan dari konsumen. Agar produk yang telah diciptakan oleh perusahaan dapat sesuai dengan selera dari masyarakat maka perusahaan melakukan segemntasi dengan mengelompokkan konsumen menjadi kelompok homogen dimana nantinya akan mempermudah perusahaan dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
Mengingat keadaan
pasar yang bersifat heterogen,serta selera konsumen yang terus berubah-ubah dan
berkembang,maka startegi segmentasi ini dilakukan agar pasar lebih mudah
dibedakan dengan kelompok pasar yang lain.
2.
Meningkatkan Pelayanan Konsumen Menjadi Lebih Baik
Dalam memilih sebuah produk untuk memenuhi kebutuhannya,konsumen memiliki 4 pertimbangan yang penting dalam menentukan produk yang akan dikonsumsi. Empat hal tersebut adalah kualitas produk, harga produk, pelayanan yang baik dan memuaskan konsumen, serta ketepatan waktu.
dari 4 hal penting tersebut terdapat satu yang paling dominan dan sangat diperhatikan betul oleh konsumen yaitu pelayanan. Banyak kasus terjadi konsumen yang beralih ke tempat lain karena disebabkan oleh pelayanan yang kurang memuaskan.
Dari hal ini
dapat disimpukan bahwa perusahaan melakukan segmentasi pasar supaya perusahaan
dapat memberikan pelayanan terbaik yang tertuju pada pasarnya (Segmentasinya).
3.
Strategi Pemasaran Lebih Mengarah
Sebuah perusahaan akan mengalami kesulitan dalam melayani dan memenuhi kebutuhan pasar yang sangat luas dan bersifat heterogen. Dengan kesulitan itu maka dilakukanlah segmentasi pasar, sehingga dengan begitu perusahaan akan lebih berfokus pada pasar yang bersifat homogen.
Dengan dilakukannya segementasi maka kegiatan pemasaran menjadi lebih terarah sesuai dengan yang direncanakan dalam penyusunan marketing mix sehingga lebih tajam.
Selain dapat
membuat kegiatan pemasaran menjadi lebih terarah, dengan dilakukannya
segmentasi dapat membuat pihak manajemn lebih mudah dalam mengarahkan dana dan
usaha ke arah pasar yang paling potensial dan menguntungkan, dapat merencanakan
produk yang dibutuhkan dan diinginkan oleh pasar, serta dapat merancang promosi
yang tepat untuk perusahaan.
4. Memahami kompetitor bisnis
Melakukan proses segmentasi juga bisa membantu
dalam mengembangkan perusahaan itu sendiri. Secara tidak langsung, perusahaan
akan lebih mengetahui mengenai target konsumen dan pesaing atau kompetitor mereka.
Perusahaan juga akan dengan mudah mengetahui
peluang-peluang apa saja yang bisa diambil. Dengan begitu, perusahaan tersebut
bisa mengatur strategi bisnis yang tepat untuk perkembangan mereka di masa
depan.
5. Mengembangan produk atau jasa
Segmentasi pasar juga akan memudahkan proses
penentuan marketing
mix (product, promotion, price,
place, people, process, physical evidence).
Selain itu, ketika Anda sudah memahami segmentasi pasar bisnis yang dimiliki,
nantinya akan membuat Anda mengembangkan produk maupun jasa menjadi lebih
baik.
Manfaat Segmentasi Pasar
Setelah mengetahui pengertian dan tujuan dari
segmentasi pasar, mari simak mengapa segmentasi pasar menjadi penting untuk
bisnis Anda:
1. Memberikan pesan konten yang kuat dan tepat sasaran ke
konsumen
2. Mengembangkan strategi marketing yang efektif
3. Menaikkan loyalitas konsumen
4. Memikat konsumen untuk membeli produk Anda
5. Menjadikan bisnis Anda berbeda dengan kompetitor
6. Mengidentifikasi niche market (pasar) dengan tepat
6. Mengembangkan produk atau jasa dari bisnis yang Anda miliki
Jenis Segmentasi Pasar
Strategi segmentasi pasar sendiri umumnya
dibagi menjadi empat jenis, yaitu segmentasi demografis, geografis, perilaku,
dan psikografis.
1. Segmentasi Demografis
Segmentasi demografis melihat beberapa aspek
seperti jenis kelamin, usia, pendidikan, pekerjaan, status menikah, dan
lainnya. Jenis segmentasi demografis sering diterapkan perusahaan dalam
menentukan strategi pemasaran bagi produk atau jasa yang mereka tawarkan.
Memang variabel yang sudah disebutkan lebih
mudah untuk diketahui dan diukur dibandingkan dengan variabel dalam jenis
segmentasi pasar yang lain. Sehingga segmentasi ini seringkali dinilai lebih
mudah untuk dilakukan.
2. Segmentasi Geografis
Dalam segmentasi geografis mengelompokan
targetnya berdasarkan aspek lokasi, contohnya tempat tinggal calon konsumen.
Jenis segmentasi ini bisa dipertimbangkan
karena kebutuhan dan kegunaan suatu produk atau jasa akan berbeda-beda
tergantung pada cuaca, keadaan tanah, dan lokasinya.
3. Segmentasi Perilaku
Penerapan segmentasi ini akan membantu Anda
mengetahui bagaimana perilaku konsumen terhadap sebuah bisnis. Beberapa
variabel yang dilihat dalam segmentasi perilaku adalah pengetahuan, sikap,
reaksi, dan penggunaan produk oleh seorang konsumen.
Segmentasi perilaku seringkali berhubungan
dengan proses decision making (pengambilan
keputusan). Jika diterapkan dengan baik, Anda juga bisa menyusun strategi untuk
membangun brand loyalty dari
konsumen bagi bisnis sendiri.
4. Segmentasi Psikografis
Sedikit berbeda dengan ketiga jenis yang telah
disebutkan, segmentasi psikografis melibatkan aspek psikologis dari calon
pelanggan. Biasanya proses penyesuaian segmentasi ini sedikit lebih rumit
karena Anda perlu tahu persis mengenai selera sasaran pasar.
Untuk menerapkan strategi segmentasi
psikografis, Anda bisa melakukan survei kepada kelompok konsumen tertentu.
Segmentasi ini memungkinkan Anda untuk mengetahui preferensi target pasar
terhadap perusahaan dan produknya, contohnya adalah gaya hidup.
Dasar Segmentasi
Pasar
Sebuah perusahaan dalam melakukan strategi segmentasi pasar tentunya harus memperhatikan dasar-dasar yang berkenaan dalam melakukan kegiatan segmentasi ini. Dasar-dasar dalam segmentasi itu antara lain adalah :
1.
Demografis
Dalam segmentasi pasar dapat dikelompok-kelompokkan berdasarkan demografisnya. Demografi digunakan sebagai dasar dalam melakukan segmentasi karena beberapa alasan,yaitu karena masalah kependudukan yang mudah diukur dan kebutuhan dari konsumen ataupun pembeli berkaitan erat dengan variabel-variabel kependudukan.
2.
Geografis
Segmentasi pasar memperhatikan faktor geografis artinya adalah dalam melakukan strategi segmentasi dasar pengelompokkan konsumennya menggunakan aspek geografis seperti lokasi, tempat ataupun daerah. Dengan memperhatikan geografis maka segemntasinya dapat dikembangkan menjadi beberapa bagian seperti wilayah,iklim dan daerah kepadatan penduduknya.
3.
Psikografis
Psikografis
disini artinya adalah pengelompokkan pasar yang berdasarkan pada ciri-ciri
kepribadian dari konsumen.segmentasi pasar berdasarkan psikografis ini meliputi
kelas sosial,gaya hidup dan kepribadian.
4.
Distribusi
Segmentasi
distribusi artinya adalah bahwa pembagian target pasar harus berdasarkan
distribusi produk dari perusahaan. Contohnya adalah apabila perusahaan membuat
website maka saluran distribusinya adalah sosial media dan search engine. Kedua
sistem tersebut tentu saja berbeda dalam penerapannnya sehingga tidak bisa
dipaksakan untuk sama.
5. Media
Pembagian pasar melalui media yang disukai
konsumen juga dapat dipraktekkan oleh perusahaan. Misalnya media cetak maupun
media elektronik. Misalnya perusahaan ingin membuat produk untuk orang-orang
yang sudah terbilang cukup tua maka perusahaan dapat menggunakan media koran
untuk segmentasi, karena koran biasanya memang diminati oleh orang” tua. Begitu
juga jika pasar sasarannya adalah anak muda, maka perusahaan bisa menggunakan
media sosial.
6. Harga
Kekuatan ekonomi atau pendapatan masing-masing
orang tentunya berbeda-beda,sehingga dengan begitu perusahaan harus membuat
produk dan menentukan harga sesuai dengan target pasar yang ingin dituju oleh
perusahaan. Perusahaan perlu untuk mengatur produknya mulai dari harga
rendah,sedang hingga mahal.
7. Waktu
Model segmentasi waktu ini sangat jarang
diperhatikan dalam sebuah strategi segmentasi, namun walupun jarang digunakan,
namun model ini sangat efektif dalam prakteknya. Karena memang ada
produk-produk yang penjualannya hanya pada waktu-waktu tertentu sepanjang
tahun. Misalnya ketika ada event-event olahraga maka dapat dimanfaatkan oleh
perusahaan yang memproduksi produk” olahraga untuk meraih keuntungan lebih
tinggi dibanding sebelumnya, begitu juga perusahaan paket traveling di masa
liburan ataupun katering di hari-hari kerja.
Syarat Dasar Segmentasi Pasar
Menentukan calon konsumen dalam segmentasi
pasar memerlukan pertimbangan dan penilaian tertentu. Ada beberapa syarat yang
mendasari konsumen itu agar masuk ke dalam pasar yang ditargetkan perusahaan.
Beberapa dasar segmentasi pasar diantaranya:
1. Target pasar bisa diukur, misalnya dari segi jumlah atau usia
2. Bisa diakses
3. Skala target pasar cukup besar
4. Bisa dibedakan
5. Pasar yang dituju bisa memberi keuntungan untuk perusahaan
6. Bisa menjadi sasaran dari program pemasaran yang dilaksanakan
Cara Melakukan Segmentasi Pasar
Cara melakukan segmentasi pasar bisa di
lakukan dengan tahapan-tahapan berikut ini :
1. Memahami Bisnis yang Anda miliki
Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah
memahami bisnis yang anda miliki.
Produk apa yang Anda jual? Jasa apa yang Anda
tawarkan?
Apakah produk atau jasa Anda ada pasarnya?
Seberapa besar pasar itu?
Ada di posisi mana bisnis yang Anda miliki
di market share?
Pertanyaan-pertanyaan diatas perlu Anda
analisa sebelum ke tahap selanjutnya.
2. Menentukan Kriteria Segmentasi Pasar
Tentukan target pasar berdasarkan kriteria
segmentasi pasar ( demografis, geografis, perilaku atau kebiasaan dan
psikografis). Anda bisa menentukan berdasarkan salah satu kriteria atau
kombinasi dari keempat jenis pasar tersebut. Sesuaikan dengan target bisnis
yang Anda miliki.
3. Memahami Target Pasar
Bagaimana cara untuk memahami target
pasar?
Anda bisa melakukan survei terhadap calon
konsumen. Baik berupa kuesioner, focus
group discussion (FGD), melakukan
polling, dan sebagainya.
Hal ini cukup rumit dan membutuhkan waktu yang
lama apabila target pasar Anda skala besar atau belum paham cara survei ke
calon konsumen dengan tepat.
4. Identifikasi Target Pasar yang Cocok
Setelah Anda mendapatkan data dari calon
konsumen, sekarang Anda perlu menentukan target pasar yang relevan dengan
bisnis yang Anda punya.
5. Uji Strategi Marketing Anda
Setelah menentukan target pasar yang menurut
Anda cocok, gunakan A/B testing untuk mengetahui apakah strategi marketing yang
Anda lakukan sudah tepat atau belum. Kalau hasilnya kurang memuaskan, lakukan
identifikasi target pasar lagi untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.
Demikian penjelasan mengenai apa itu
segmentasi pasar, tujuan, manfaat, sampai cara melakukan segmentasi pasar di
bisnis Anda. Dari penjelasan diatas bisa disimpulkan bahwa segmentasi pasar
adalah strategi untuk menentukan target pasar yang tepat sesuai pengelompokkan
berdasar kriteria tertentu.
Opini
Setiap
pelaku usaha yang ingin merambah pasar global wajib mempunyai strategi
pemasaran internasional yang tepat supaya tidak salah langkah. Anda bisa
mempraktikkan strategi di atas untuk memulai ekspansi bisnis Anda di pasar mancanegara.
REFERENSI :
- Johny K Johansson (JJK) “Global Marketing Management” McGraw-Hill International Edition, 2006
- Kotabe, M & Kristiaan Helsen “Global Marketing Management” Hoboken, NJ: John Wiley & Sons, Fourth Edition, 2008
- Kristanto, Jajat. 2011. Manajemen Pemasaran Internasional. Jakarta: Erlanga.
- Keegan J Warren dan Green C Mark. 2017. Global Marketing. 9th Edition. Harlow: Pearson Education Limited.
- Budiarto Subroto. Pemasaran Industri: Business to Business Marketing, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta, 2011.
- Saavedra, Claudio A. The Marketing
Challenge for Industrial
Companies: Advanced consept and Practices, Springer International
Publishing,
Switzerland
2016.
- Zimmerman, Alan and Jim Blythe. 2018. Business to business marketing management: a global perspective, 3 ed, New York: Routledge.
SUMBER LAINNYA :
https://www.niagahoster.co.id/blog/konsep-pemasaran-adalah/
https://www.kompas.com/skola/read/2023/01/12/100000869/7-pengertian-pemasaran-menurut-para-ahli?page=all
http://eprints.kwikkiangie.ac.id/2004/3/bab%202.pdf
https://qontak.com/blog/konsep-pemasaran/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar